Thursday, December 29, 2011

Mulutmu Harimaumu

Teliti dalam Berbicara
 
Merupakan suatu kenikmatan dan anugrah dari Sang Ilahi manakala kita diberi kesempatan untuk berbicara dan mengeluarkan kata-kata. Sehingga patutlah kita selalu bersyukur dan berbakti kepadaNya. Namun, banyak sekali diantara kita yang senantiasa menyalahgunakan anugerah tersebut. Anugerah lisan atau lidah yang yang sempurna.
Coba kita tengok, ratusan bahkan beribu manusia terbunuh jasmani dan rohaninya karena ulah lisan kita. Tentu sedikit sekali diantara kita yang sadar betapa hinanya lidah ini bilamana kita lalai dalam memanfaatkanya. Sehingga ada pepatah lama mengatakan lidah lebih tajam dari pada pedang. Kata mutiara ini tak dapat kita pungkiri kebenaranya. Karena sosok untaian kata yang keluar dari mulut kita akan cepat tersebar baik melalui first to first, media cetak ataupun media elektronik
            Tak heran jika di dunia ini banyak sekali timbul penyakit- penyakit aneh dan tak mampu terdeteksi oleh medis. Bisa jadi hal itu karena begitu banyaknya dosa- dosa mulut kita. Mulut yang selalu kita manjakan untuk terus menyakiti saudara kita sendiri, bahkan membunuh mereka. Sehingga tuhan menurunkan adzabnya. Sebab di aliran darah kita telah hinggap ruh- ruh syetan durjana.
            Pembunuhan secara halus ini akan berakibat fatal bahkan sampai terjadi melayangnya nyawa berjuta manusia. Peristiwa ini tak hanya dilakukan oleh orang yang tak beragama saja. Pembunuhan seperti ini senantiasa menghinggapi jiwa manusia baik kecil, besar, kaya, miskin, orang awam bahkan orang berilmu.
Membunuh dengan lidah sungguh lebih kejam dan menyakitkan dari pada membunuh dengan pedang ataupun golok. Sebab membunuh dengan pedang akan cepat selesai perkaranya tanpa membutuhkan waktu yang bertahun- tahun. Cukup diberi hukuman setimpal dan perkara akan selesai. Namun manakala lisan yang memfitnah diri seseorang , sampai tujuh turunanpun akan terus melekat rasa sakitnya. Oleh sebab itu teliti dalam berbicara adalah kunci keselamatan dunia.
 

No comments:

Post a Comment

setelah selesai membaca tolong dikomentari yah..... makasih