Tuesday, November 1, 2011


Dampak-dampak maksiat

1.     Maksiat mengahalangi masuknya ilmu
Ilmu adalah cahaya dan Allah akan memasukkan ke dalam hati. Sedangkan maksiat adalah pemadam cahaya tersebut. Ketika Imam Syafi’I duduk sambil membacakan sesuatu di hadapan Imam Malik, kecerdasan dan kesempurnaan pemahamannya membuat  Imam Malik tercengang.
Imam Malik pun berkata: “Sesungguhnya aku memandang bahwa Allah telah memaasukkan cahaya ke dalam hatimu, maka janganlah kamu memadamkan cahaya tersebut dengan kegelapan maksiat.
Imam Syafi’I berkata dalam sya’irnya: Aku mengadu kepada Waki’ tentang buruknya hafalanku, dia menasehatiku agar aku tinggalkan kemaksiatan. Diapun berkata: ‘ketahuilah sesungguhnya ilmu itu karunia, dan karunia Allah tidak akan diberikan kepada kepada orang yang bermaksiat.’”
2.     Maksiat menghalangi datangnya rizki
Disebutkan dalam al-Musnad: “Sungguh seorang hamba akan terhalang dari rizki karena dosa yang diperbuatnya,”(al hadis). Sebagaimana takwa kepada Allah adalah perkara yang mendatangkan rizki, maka meninggalkan takwa akan menyebabkan kefakiran. Tidak ada yang dapat mendatangkan rizki kecuali dengan meningglka maksiat.   
3.     Maksiat menyebabkan kehampaan hati dari mengingat Allah



No comments:

Post a Comment

setelah selesai membaca tolong dikomentari yah..... makasih